තෙරුවන් සරණයි!
Sukhi Hotu Kalyāṇamitta
JIKA KITA SUDAH MENGETAHUI SESUATU ITU TIDAK BERMANFAAT UNTUK DILAKUKAN, MAKA SEJATINYA HAL ITU PATUT UNTUK DITINGGALKAN DAN TIDAK DILAKUKAN LAGI
Berbicara mengenai hal yang bermanfaat dan tidak bermanfaat dalam kehidupan umat awam, pastilah kita sangat pandai dan cerdik. Bahkan tidak usah diajari lagi, Kita begitu lihai mampu memilah sesuatu itu bermanfaat dan sesuatu yang lain tidak bermanfaat berdasarkan akal pikiran kita.
Namun, dilihat dalam konteks Dhamma, hal ini sangatlah sulit untuk dilihat antara hal yang bermanfaat dan tidak bermanfaat. Apalagi dalam masa degradasi moral akhir-akhir ini, bahkan sesuatu yang tidak bermanfaat secara Dhamma sudah dianggap hal yang mulia dilakukan. Jikalau sudah begitu cara pandangnya, maka itu adalah sebuah keterpurukan besar!
Janganlah pola pikir ini terbalik-terbalik dalam hal ini, sebab yang tidak bermanfaat tentu akan membawa kerugian pada diri kita sendiri.
Sekarang mari kita simak apa yang Sang Bhagavā nyatakan bermanfaat dilakukan dan tidak bermanfaat dilakukan dalam sutta berikut ini :
AKUSALADHAMMASUTTA
.... “Para bhikkhu, Aku akan mengajarkan kepada kalian mengenai kondisi-kondisi tidak bermanfaat dan kondisi-kondisi bermanfaat. Dengarkanlah …
“Dan apakah, para bhikkhu, kondisi-kondisi tidak bermanfaat? Yaitu: pandangan salah, Pikiran Salah, Ucapan Salah, Perbuatan Salah, Penghidupan Salah, Usaha Salah, Perhatian Salah, konsentrasi salah. Ini disebut kondisi-kondisi tidak bermanfaat.
“Dan apakah, para bhikkhu, kondisi-kondisi bermanfaat? Yaitu: pandangan benar, Pikiran Benar, Ucapan Benar, Perbuatan Benar, Penghidupan Benar, Usaha Benar, Perhatian Benar, konsentrasi benar. Ini disebut kondisi-kondisi bermanfaat.”
(dikutip dari : Tipiṭaka, Suttapiṭaka, Saṁyuttanikāya, Mahāvaggasaṁyutta, Maggasaṁyutta, Micchattavagga, SN 45.22)
Sādhu...Sādhu...
Demikian sabda Sang Bhagavā, maka dengan ini pahamilah bahwa hal-hal yang sesuai dengan Dhamma kebenaran itu haruslah kita betul-betul hati-hati menilai sesuatu itu bermanfaat atau tidak, jikalau tidak, maka janganlah kita menganggapnya bermanfaat!
Kita dalam kehidupan di Saṃsāra ini sudah begitu banyak dan tak terhitung lagi tindakan yang tidak bermanfaat yang kita lakukan sehingga akibatnya ya kita lahir terus di Saṃsāra tiada akhir ini, Dan juga masih belum cukup kita untuk "merasakan" penderitaan ini, kita masih saja tetap melakukan hal-hal yang tak bermanfaat tsb.
Maka oleh karena itu Kalyāṇamitta, setelah mengetahui hal ini, kita harus mulai melakukan hal yang bermanfaat seperti yang Sang Bhagavā ; Sammāsaṃbuddha Gotama jelaskan di Sutta diatas demi mengakhiri Penderitaan kita.
Semoga Cita-Cita luhur anda tercapai
Semoga semua Makhluk Hidup berbahagia..
Nibbāna paccayaṃ hotu
Ciraṁ tiṭṭhatu saddhammo
Buddhasāsanaṁ ciraṁ Tiṭṭhatu
Sādhu...Sādhu...
06 Juli 2025
Mettācittena,
Viriyaputta, upāsaka