Empat Fondasi Perhatian Penuh (cattāro satipaṭṭhāna)
a. Kontemplasi tubuh (kāyānupassanā).b. Kontemplasi perasaan (vedanānupassanā).
c. Kontemplasi batin (cittānupassanā).
d. Kontemplasi dhamma (dhammānupassanā).
Empat Usaha Benar (sammappadhāna)
a. Usaha untuk meninggalkan dhamma tidak baik yang telah muncul.
b. Usaha untuk tidak memunculkan dhamma tidak baik yang belum muncul.
c. Usaha untuk memunculkan dhamma baik yang belum muncul.
d. Usaha untuk terus mengembangkan dhamma baik yang telah muncul.
Empat Dasar untuk Kesempurnaan (iddhipāda)
a. Hasrat (chanda).
b. Usaha (viriya).
c. Kesadaran (citta).
d. Investigasi (vīmaṃsā).
Lima Daya Pengendali (pañcindriya)
a. Saddhindriya (Pengendali Keyakinan).
b. Viriyindriya (Pengendali Energi).
c. Satindriya (Pengendali Perhatian-penuh).
d. Samādhindriya (Pengendali Konsentrasi).
e. Paññindriya (Pengendali Kebijaksanaan).
Lima Kekuatan Spiritual (pañcabala)
a. Saddhābala (Kekuatan Keyakinan).
b. Viriyabala (Kekuatan Energi).
c. Satibala (Kekuatan Perhatian-penuh).
d. Samādhibala (Kekuatan Konsentrasi/Keheningan).
e. Paññābala (Kekuatan Kebijaksanaan).
Tujuh Faktor Pencerahan (satta bojjhaṅgā)
a. Satisambojjhaṅga (FP. Perhatian-penuh).
b. Dhammavicayasambojjhaṅga (FP. Investigasi Dhamma).
c. Viriyasambojjhaṅga (FP. Energi).
d. Pītisambojjhaṅga (FP. Kegembiraan).
e. Passaddhisambojjhaṅga (FP. Ketenangan).
f. Samādhisambojjhaṅga (FP. Konsentrasi).
g. Upekkhāsambojjhaṅga (FP. Netralitas).
Jalan Mulia Berunsur Delapan (ariyo aṭṭhaṅgika magga)
a. Pandangan benar (sammādiṭṭhi).
b. Pikiran benar (sammāsaṅkappa).
c. Ucapan benar (sammāvācā).
d. Perbuatan benar (sammākammanta).
e. Penghidupan benar (sammāājīva).
f. Usaha benar (sammāvāyāma).
g. Perhatian-penuh benar (sammāsati).
h. Konsentrasi benar (sammāsamādhi).
Sumber: dhammavihari