Kamis, 02 November 2017

Akusala Dhamma

ARTI
Akusala Dhamma = Dharma yang tak bermanfaat.

DITTHIGATASAMPAYUTTA
Pikiran Yang Bersekutu Dengan Pandangan Keliru
1. Pikiran yang muncul spontan, disertai oleh perasaan senang, dan terhubung dengan pandangan salah (Somanassa-sahagatam ditthigata-sampayutam asankharikam ekam)
2. Pikiran yang muncul dengan ajakan, disertai oleh perasaan senang, dan terhubung dengan pandangan salah (Somanassa-sahagatam ditthigata-sampayutam sasankharikam ekam)
3. Pikiran yang muncul spontan, disertai perasaan netral, dan terhubung dengan pandangan salah (Upekkha-sahagatam ditthigata-sampayutam asankharikam ekam)
4. Pikiran yang muncul dengan ajakan, disertai perasaan netral, dan terhubung dengan pandangan salah(Upekkha-sahagatam ditthigata-sampayutam sasankharikam ekam)

DITTHIGATAVIPPAYUTTA
Pikiran Yang Tidak Bersekutu Dengan Pandangan Keliru
1. Pikiran yang muncul spontan, disertai oleh perasaan senang, dan tidak terhubung dengan pandangan salah  (Somanassa-sahagatam ditthigata-vippayutam asankharikam ekam)
2. Pikiran yang muncul dengan ajakan, disertai oleh perasaan senang, dan tidak terhubung dengan pandangan salah ( Somanassa-sahagatam ditthigata-vippayutam sasankharikam ekam)
3. Pikiran muncul spontan, disertai perasaan netral, dan tidak terhubung dengan pandangan salah (Upekkha-sahagatam ditthigata-vippayutam asankharikam ekam)
4. Pikiran yang muncul dengan ajakan, disertai perasaan netral, dan tidak terhubung dengan pandangan salah (Upekkha-sahagatam ditthigata-vippayutam sasankharikam ekam)

DOSAMULACITTA
Pikiran Yang Dipimpin Oleh Kebencian 
1. Pikiran yang muncul spontan, disertai perasaan tidak menyenangkan dan bersekutu dengan keinginan   jahat (Domanassa-sahagatam patighasampayuttam asankharikam)
2. Pikiran yang muncul dengan ajakan, disertai perasaan tidak menyenangkan dan bersekutu dengan keinginan jahat (Domanassa-sahagatam patighasampayuttam sasankharikam)

VICIKICCHASAMPAYUTTA
Pikiran Yang Dipimpin Oleh Keragu-raguan
1. Pikiran yang muncul bersamaan dengan keraguan atau ketidakpastian tentang realitas

UDDHACCASAMPAYUTTA 
Pikiran Yang Dipimpin Oleh Kegelisahan
1. Pikiran yang muncul bersamaan dengan kegelisahan atau realitas yang tidak tenang atau damai


Sumber : dhammacitta