A. Pendahuluan
Paticca Samupada merupakan salah satu hukum yang sangat
penting dalam membahas mengenai hukum kebenaran dalam agama Buddha. Ajaran yang
terkandung dalam hukum ini sangat dalam. Agar dapat dipahami dengan benar kita perlu
untuk mempersiapkan diri dengan pelatihan meditasi.
Hukum ini tidak menjelaskan mengenai asal mula alam semesta.
Tetapi dalam hukum ini kita dapat mempelajari mengenai hukum sebab musabab yang
saling bergantungan, empat kesunyataan mulia dengan jalan Beruas Delapan.
Untuk mempermudah pemahaman menganai hukum ini. Kita akan
melihat dari gambar Roda Samsara atau roda kehidupan. Lukisan gambar ini
bermula dari kisah dua kerajaan yang satu sama lain memiliki hasil kekayaan
alam yang berbeda. Raja Bimbisara terkenal dengan hasil alam berupa tekstil
sedangkan Raja Udrayana terkenal dengan kekayaan batu mulia, berupa emas,
berlian dan permata.
Suatu hari Raja Bimbisara menerima hadiah dari Raja Udrayana
berupa pakaian perang bertahta emas dan permata. Apabila batu mulia tersebut
ditaksir harganya, maka akan sulit untuk mencari benda yang seimbang dengan
harga dan bagusnya hadiah tersebut. Hal ini pun dialami oleh Raja Bimbisara.
Saat Beliau membuka hadiahnya, raja sangat terpesona dan terkejut. Mengapa ?” Karena
benda yang diberikannya merupakan benda yang sangat bernilai. Sementara itu
hadiah yang diberikan tentu perlu untuk dibalas dengan hadiah yang lebih tinggi
minimal setara dengan apa yang dia terima.
Raja pun memanggil para penasehat untuk diajak bicara
mengenai hadiah apa yang akan diberikan kepada raja Udrayana. Para penasehat
yang hadir mengalami kesulitan. Akhirnya salah seorang dari mereka mengusulkan
untuk bertanya kepada Buddha permasalahan yang terjadi dan apa hadiah yang
paling bermanfaat untuk diberikan ?”
Pada saat Raja Bimbisara menghadap dan menjelaskan kepada
Buddha, Buddha yang maha cinta kasih dan kasih sayang memberikan petunjuk untuk
diluangkan dalam lukisan yang kita kenal sebagai RODA SAMSARA.
Gambar dari Roda samsara tampak mengerikan. Tetapi,
janganlah kita terjebak dari penampilan luarnya. Apabila kita mampu mempelajari
dengan teliti. Gambar ini memuat ajaran yang sangat berharga dan dapat
mendorong kita memiliki jalan Dharma. Memotivasi kita untuk selalu berusaha
merealisasikan kebenaran menuju Pencerahan.
B. Penjelasan
Gambar yang tersaji tersebut terdiri dari beberapa bagian
dan lingkaran, yaitu :
1. Lingkaran dalam
yang tampak dalam lukisan ada tiga ekor jenis hewan
2. lingkaran
diluarnya. Ada sebaian hitam dan ada sebagian putih
3. Lingkaran ketiga
tampak ada lima belahan alam
4. Lingkaran
keempat terdapat 12 (dua belas) mata rantai yang saling berhubungan.
Ad. 1
Lingkaran Dalam yang tampak ada tiga ekor hewan. Hewan-hewan tersebut memiliki arti yang sangat dalam. Hewan tersebut terdiri dari babi, burung petengger dan ular.
Lingkaran Dalam yang tampak ada tiga ekor hewan. Hewan-hewan tersebut memiliki arti yang sangat dalam. Hewan tersebut terdiri dari babi, burung petengger dan ular.
Tentu kita semua telah mengetahui 3 (tiga) jenis hewan
tersebut. Lukisan babi melambangkan kebodohan. Apabila kita cermati babi
hidupnya hanya diisi makan siang dan malam. Lukisan burung melambangkan
keserakahan. Seperti burung yang tidak pernah menyerah untuk selalu menguasai
kelompoknya dan tidak mau berbagi dengan kelompok lainnya. Pada saat ada
kelompok lain yang masuk ia akan mengusirnya jauh-jauh. Sementara gambar ular
melambangkan sifat kebencian, seperti ualr yang setiap saat mendesis.
Ad. 2
Lukisan setengah lingkaran hitam dan dan setengah lingkaran putih melambangkan alam kehidupan yang akan dituju oleh makhluk-makhluk tersebut.
Lingkaran putih menunjukkan kelahiran yang akan akan datang
di alam bahagia, seperti Surga.
Sementara ½ (setengah) gambar lingkaran hitam melambangkan
kelahiran di alam rendah dan penderitaan.
Alam-alam tersebut, yaitu alam Neraka yang selalu mengalami
penderitaan dari karma yang diperbuat pada masa menjalani hidup terserbut. Alam
setan adalah makhluk yang sangat menderita makanan dan minuman.
Ad. 3
Dalam lingkaran tersebut kita dapat melihat ada 5 (lima) belahan. Masing-masing belahan menunjukan alam kehidupan, yang terdiri atas : alam neraka, alam setan, alam hewan, alam manusia dan alam dewa.
Dalam lingkaran tersebut kita dapat melihat ada 5 (lima) belahan. Masing-masing belahan menunjukan alam kehidupan, yang terdiri atas : alam neraka, alam setan, alam hewan, alam manusia dan alam dewa.
Alam Neraka
Makhluk-makhluk yang menghuni di alam ini mengalami
penderitaan yang luar biasa. Kondisi panas dan dingin yang menusuk. Membuat
makhluk-makhluk yang menghuni mengalami penderitaan. Kondisi yang begitu
menderita, mereka tidak mampu untuk menahannya. Sehingga mereka berteriak,
menangis tiada henti-hentinya. Semua kondisi serba menderita.
Alam Setan
Makhluk yang menghuni di alam tersebut mengalami kelaparan
dan kehausan yang luar biasa. Ukuran perut yang demikian besar, sementara mulut
sebesar jarum. Membuat mereka sangat menderita. Makanan dan minuman tidak
kunjung tiba. Bukan hanya satu, dua hari tetapi dapat bertahun-tahun. Mereka
betul-betul menderita. Sementara apabila ada makanan ada, saat mereka akan
memakannya. Makanan ini berubah menjadi bara. Begitu pun dengan minuman, pada
saat sampai di mulutnya. Minuman ini berubah menjadi mendidih. Mereka
menjerit-jerit atas hal tersebut.
Alam Hewan
Makhluk-makhluk yang terlahir di alam hewan. Mereka memiliki
kebodohan dan rasa takut yang luar biasa. Meskipun ada beberapa hewan yang
dapat dilatih, tetapi mereka tidak dapat mengembangkan pikirannya. Setiap saat
hewan mengalami rasa takut dan gelisah. Takut dibunuh, disakiti oleh
makhluk-makhluk lain. Karena setiap saat hidupnya terancam.
Alam Manusia
Makhluk-makhluk yang terlahir di alam manusia mengalami
penderitaan dan kebahagiaan. Dalam alam manusia memungkinkan orang mencapai
pencerahan. Karena kondisi mendukung untuk latihan pengembangan diri. Kelahiran
di alam manusia merupakan suatu berkah yang sangat berharga. Namun kita jarang
menyadari kesempatan kehidupan kita sangat langka. Sehingga ada orang yang
menyia-nyiakan kehiduapan tanpa mempersiapkan pondasi karma untuk kehidupan
mendatang. Sebagian masih lelap. Hidup tanpa tujuan yang pasti. Pada saat
menuju kematian mereka mulai gelisah dan takut. Namun semua itu telah
terlambat. Oleh karena kelahiran di
alam manusia sangatlah berharga, dharma dapat kita pelajari, pahami dan
realisasi.
Alam Dewa
Makhluk-makhluk yang terlahir di alam dewa mereka hidup
penuh dengan kebahagiaan. Sepanjang waktu mereka bahagia. Namun kebagiaan ini
tidaklah kekal, sesuai dengan karma yang dimiliki mereka akan terlahir kembali
di alam lain. Dalam alam dewa makhluk-makhluk yang menghuni di alam tersebut
sangat sulit memahami Dharma. Mereka cenderung asik dengan kebahagiaan yang
dialaminya. Sehingga dharma yang penuh keindahan tidak mampu untuk menyentuh
batin mereka bahkan menyadari terhadap realita kehidupan. Alam dewa pun
mengalami penderitaan berupa Depresi melihat keagungan dewa yang lebih baik
berkahnya, dewa kuat cenderung menekan dewa lemah, bertempur dengan asura dan
keinginan yang tinggi
Ad. 4
Lingkaran luar yang memiliki 12 (dua belas) mata rantai,
satu sama lain saling berhubungan.
Rantai Pertama
Tampak gambar orang tua yang memegang tongkat dan mencoba
untuk berjalan. Dalam melakukan aktivitasnya, orang tua ini berjalan terkadang
tanpa hambatan, pada kesempatan lain jatuh menabrak batu atau lubang yang ada
di sekitarnya.
Gambar ini melambangkan kegelapan batin atau kebodohan.
Sikap yang tidak dapat membedakan antara kebenaran dan kesalahan. “Kebodohan
merupakan khayalan yang paling dalam, yang mana membuat kita berkelana selama
ini di dalam Samsara”
Kegelapan batin atau kebodohan ini tidak dapat membedakan
sifat alami dari apa yang tertampak maupun tidak tertampak. Seperti orang yang
membedakan antara teman dan musuh. Orang akan memperlakukan teman dengan baik.
Mereka akan menyabutnya dengan terhormat, penuh kehangatan dan kegembiraan.
Sementara terhadap musuh, mereka akan memperlakukan berbeda sekali. Mulai dari
sikap bicara, cara tatapan maupun perlakuan kepada musuh tersebut. Pada saat
ada pertanyaan pada kita, ” Apakah kita memiliki teman ?” Apakah kita memiliki
musuh ?” Orang-orang akan menjawab dengan spontan, ”Ya. Tetapi pada saat
pertanyaan lain timbul. Apakah orang yang kita anggap sebagai teman akan
menjadi teman sejati selamanya ? Begitu pula dengan orang yang kita anggap
sebagai musuh, apakah suatu hari dia dapat menjadi teman ?”
Saat pertanyaan tersebut diutarakan, kita mulai ragu
terhadap kata teman dan musuh. Mengapa hal tersebut dapat terjadi ?” Karena
cara pandang kita masih diliputi oleh kegelapan batin yang masih tidak dapat
membedakan sifat alami benda.
Kita belum dapat memahami bahwa setiap orang memiliki
benih-benih kebuddhaan. Setiap orang memiliki kesempatan menjadi orang suci.
Ketika orang tersebut melakukan perbuatan negatif. Mereka masih belum dapat
membangkitkan kebuddhaan yang ada dalam dirinya. Sehingga mereka melakukan
perbuatan negatif tersebut. Benih kebuddhaan setiap makhluk adalah sama.
Perbedaan terletak pada latihan dan kesungguhan/ tekad mengembangkan sifat
tersebut.
Kalau kita telah dapat memahaminya tentu kita tidak terjebak
kepada konsep dualisme berpikir. Seperti baik – buruk, kaya – miskin, terhormat
– tersisih atau ganteng/cantik –jelek. Kita akan melihat segala yang tertampak
apa adanya tanpa ada yang ditutupi. Inilah sifat dasar alami makhluk. Karena
tidak mengerti sifat tersebut maka timbulah beraneka raga perbuatan yang
tercakup dalam rantai kedua.
Rantai Kedua
Tampak ada seorang Bapak yang sedang membuat pot dari tanah liat. Pot buatannya beraneka ragam bentuknya. Pot-pot tersebut ada yang bagus – ada pula yang jelek.
Tampak ada seorang Bapak yang sedang membuat pot dari tanah liat. Pot buatannya beraneka ragam bentuknya. Pot-pot tersebut ada yang bagus – ada pula yang jelek.
Ukurannya ada yang besar – ada pula yang kecil. Ada yang
masih dalam proses – ada yang sudah siap dipindahkan.
Gambar ini menjelaskan karena ketidaktahuan/ kegelapan
batin. Orang banyak melakukan beraneka ragam
perbuatan. Ada perbuatan baik, ada pula perbuatan jahat.
Perbuatan baik ada, banyak memberikan faedah – ada pula yang
tidak. Perbuatan baik ada yang nilainya besar – ada yang biasa-biasa saja.
Tetapi semua itu terus kita lakukan.
Pada saat kita tidak memahami kebenaran. Pada saat tersebut
kita tidak ragu-ragu melakukan perbuatan jahat. Membawa kerugian bahkan
membahayakan kehidupan makhluk yang ada di sekitar maupun dimana mereka berada.
Perbuatan yang dilakukan tersebut memiliki potensi untuk
berbuah. Karena demikian besar perbuatan tersebut, maka menjadi potensi untuk
terlahir kembali. Dengan demikian maka timbullah kesadaran menyambung.
Rantai Ketiga
Tampak gambar seekor monyet yang bergelantungan naik dan
turun dari satu dahan ke dahan yang lainnya. dengan memegang Kristal yang
melukiskan Pikiran Resah yang senantiasa melompat lompat, muncul dan lenyap.
Kristal melambangkan Akibat dari Tindakan yang dilakukan.
Apabila kristalnya Bening, berarti Kebajikan di sana; tetapi
kalau Kristalnya Keruh, maka demikian pula Tindakan, Ucapan dan Pikirannya.
Dengan Merasakan samsara, menyediakan makanan agar kesadaran
berkembang. Rantai ini membuat kesadaran menjadi cukup kuat untuk menyambung ke
kehidupan berikutnya.
Gambar tersebut menjelaskan kesadaran menyambung dari satu
kehidupan ke kehidupan yang berikutnya, terkadang ke alam yang lebih tinggi dan
terkadang ke alam yang lebih rendah. Pada saat kesadaran tersebut timbul, maka
pada saat itu pula akan timbul tubuh jasmani.
Rantai Keempat
Tampak gambar dua orang berada dalam satu perahu. Gambar ini
melukiskan perpaduan nama dan rupa untuk membentuk manusia. Nama terdiri dari
unsur batin sedangkan rupa terdiri dari unsur bentuk, yaitu padat, cair, panas
dan udara. Kedua unsur tersebut menyatu sedemikian rupa.
Rantai Kelima
Tampak gambar bangunan yang masih kosong dengan enam
jendela. Gambar tersebut melukiskan enam landasan indera, yang terdiri atas
mata, telinga, hidung, mulut, tubuh dan bentuk-bentuk pikiran. Indera-indera
tersebut masih belum bekerja.
Rantai Keenam
Tampak seorang laki-laki dan seorang perempuan sedang
pacaran. Gambar ini melukiskan adanya kontak, yaitu pertemuan indera dengan
obyeknya. Seperti mata – bentuk, telinga – suara, lidah – rasa, kulit –
sentuhan, hidung – bau dan bentuk-bentuk pikiran – batin. Dengan adanya kontak
tersebut menimbulkan perasaan.
Rantai Ketujuh
Tampak seorang yang terkena panah yang membutakan kedua matanya. Gambar ini menunjukan perasaan bahagia atau penderitaan. Pada saat ada kontak maka pada saat itu timbul perasaan. Jika hal itu baik maka kita menyukai, tetapi kalau hal itu tidak baik kita membenci, kita tidak menginginkannya. Suara, penglihatan, sentuhan, perasa, bau atau bentuk-bentuk pikiran dapat membuat bahagia dan penderitaan. Pada saat orang memuji anda, anda bahagia. Saat orang mencela, anda menjadi sedih. Perasaan membuat kita buta terhadap sifat alami situasi.
Tampak seorang yang terkena panah yang membutakan kedua matanya. Gambar ini menunjukan perasaan bahagia atau penderitaan. Pada saat ada kontak maka pada saat itu timbul perasaan. Jika hal itu baik maka kita menyukai, tetapi kalau hal itu tidak baik kita membenci, kita tidak menginginkannya. Suara, penglihatan, sentuhan, perasa, bau atau bentuk-bentuk pikiran dapat membuat bahagia dan penderitaan. Pada saat orang memuji anda, anda bahagia. Saat orang mencela, anda menjadi sedih. Perasaan membuat kita buta terhadap sifat alami situasi.
Rantai Kedelapan
Tampak orang sedang meminum arak. Gambar ini menunjukkan
nafsu keinginan yang selalu menuntut keinginan. Orang mengejar pada
bentuk-bentuk tertentu, suara-suara tertentu, rasa tertentu, sentuhan tertentu.
Keinginan tersebut lambat laun menjadi semakin besar. Kita
tidak akan berhenti mengejar apa yang kita inginkan dan kita tidak dapat
berhenti terhadap apa yang kita tidak harapkan. Nafsu kinginan ini menimbulkan
kemelekatan.
Rantai Kesembilan
Tampak gambar monyet sedang meraih buah-buahan. Monyet
tersebut akan mengambil benda yang disukai tetapi menolak apa yang tidak
disukai.
Rantai Kesepuluh
Tampak seorang ibu yang hamil. Gambar ini menunjukan penjelmaan. Hasil kumpulan karma yang menghasilkan keadaan mendatang, nafsu keinginan dan kemelekatan. Penjelmaan ini menimbulkan sebab dan kondisi. Dia membuat kita terlahir di 5 (lima) alam kehidupan.
Rantai kesebelas ini adalah hasil dari sebab dan kondisi
berkelanjutan yang dihasilkan oleh rantai sebelumnya. Gambar ini menunjukan
kelahiran. Berdasarkan karma, sebab dan kondisi, orang terlahir dalam salah
satu alam tersebut. Kelahiran di alam manusia merupakan kesempatan yang
terbaik. Orang dapat terlahir pula di alam surga, neraka, hewan maupun setan.
Pada saat kondisinya berbuah maka orang terlahir di salah satu alam tersebut.
Rantai Keduabelas
Tampak orang tua dan orang mati. Saat terjadi kelahiran akan
diikuti usia tua dan kematian. Kelahiran merupakan awal kematian. Kematian
adalah siklus kelahiran berikutnya.
Gambar Raksasa melambangkan waktu. Raksasa tersebut memakan
masa kehidupan setiap makhluk dalam lingkaran roda samsara. Waktu yang dimaksud
adalah usia kehidupan makhluk. Dengan berjalannya waktu orang tumbuh dari bayi,
anak kecil, remaja, dewasa, tua dan akhirnya mati.
Sementara di atas kepala raksasa ada 5 (lima) tengkorak, hal
ini menunjukan 5 (lima) skandha, yaitu : perasaan, pencerapan, kesadaran,
keinginan dan bentuk-bentuk pikiran.
Kuku raksasa yang tajam memegang erat roda samsara. Hal ini
menunjukan selama berada dalam roda samsara, raksasa tersebut tidak memberikan
kesempatan makhluk-makhluk untuk keluar dari perputaran tersebut. Apabila ada
yang mampu keluar, ini merupakan hal yang luar biasa.
Sementara itu di atas gambar roda samsara ada Buddha yang
menunjuk ke arah bulan atau jalan pembebasan. Orang sering menggambarkan
sebagai alam Sukkhawati, yaitu alam menuju pembebesan. Apa maksud dari gambar
tersebut ? Buddha menunjukkan jalan kepada makhluk-makhluk untuk keluar dari
roda samsara, melalui Empat Kesunyataan Mulia, yaitu Jalan Beruas delapan yang
terdiri dari Pengertian Benar, Pikiran Benar, Ucapan Benar, Ucapan Benar, Mata
Pencaharian Benar, Daya Upaya Benar, Perhatian Benar dan Konsentrasi Benar.
Sumber : siddhi-sby